Pelni Karantina KM Dorolonda, 19 ABK Terindikasi Corona
KM Dorolonda / Pelni 162

Pelni Karantina KM Dorolonda, 19 ABK Terindikasi Corona

  • Post category:Berita Kapal
  • Reading time:2 mins read

Ternate, Antara — PT Pelayaran Nasional Indonesia atau Pelni (Persero) akan meng-karantina KM Dorolonda setelah 19 petugas kapal terindikasi terpapar Virus Corona baru atau COVID-19. Kemarin, setibanya di Ternate, Kantor Kesehatan Pelabuhan dan Dinas Kesehatan Ternate melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap 259 orang penumpang yang datang, serta terhadap 134 orang ABK dan petugas KM Doloronda.

”Sesuai hasil rapid test, ditemukan 19 orang awak kapal yang reaktif dan terindikasi sebagai orang tanpa gejala (OTG)” kata Kepala Kesekretariatan Perusahaan Pelni Yahya Kuncoro, lewat siaran pers yang diterima Antara, Jumat. Sedangkan penumang yang terindikasi terjangkit Virus Corona hanya 3 orang, yang berasal dari Jakarta.

Berdasarkan pertimbangan dan arahan bersama otoritas setempat, para petugas tersebut diturunkan di Ternate untuk melakukan karantina dan melaksanakan pemeriksaan lanjutan dengan pengawasan dari manajemen, Kantor Kesehatan Pelabuhan, dan otoritas pelabuhan.

Adapun KM Dorolonda, berserta awak yang masih sehat, diizinkan untuk meneruskan perjalanan ke Bitung untuk mgantar barang dan kargo. Setelah menurunkan muatannya di Bitung pada Kamis (16/4), kapal segera diberangkatkan kembali ke Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, pada Jumat pagi (17/4). Setibanya di Jakarta, KM Dorolonda akan langsung dikarantina.

KM Dorolonda merupakan salah satu kapal milik Pelni  dengan kapasitas 2.000 pax. Kapal ini memiliki rute pelayanan Tanjung Priok – Surabaya – Makassar – Baubau – Namlea – Ambon – Ternate – Bitung – Ternate – Ambon – Namlea – Baubau – Makassar – Surabaya – Tanjung Priok. ***

Sumber: Antara
Pewarta: Abdul Fatah
Editor: Risbiani Fardaniah

Tinggalkan Balasan